Wednesday, May 29, 2013

10 Hal Penting Untuk Memelihara Laptop atau Notebook Anda

Laptop Dan Notebook


Berikut ini ada 10 tips dari saya untuk Memelihara Laptop/Notebook Anda.
1. Selalulah ingat langkah pertama ini untuk Mengeluarkan laptop/notebook disaaat anda mulai akan menggunakan. hal ini berpengaruh pada lubang ventilasi laptop/notebook anda yang posisinya berada dibagian bawah laptop/notebook anda tertutup dan hal ini akan menyebabkan kerusakan komponen didalam laptop/notebook anda dikarenaan panas.

2. Selalu memposisikan tempat laptop/notebook anda di tempat permukaan yang rata hal ini berpengaruh supaya lubang ventilasi yang posisinya berada dibagian bawah laptop/notebook tidak dala posisi tertutup. hal yang harus ingat juga untuk selalu memastikan laptop/notebook untuk berada ditempat  yang bergoyangan dan banyak mendapat getaran karena hal ini dapat saja merusak Optical Drive, Harddisk,  beberapa socket,  berserta komponen - komponen mekanik lainnya yang berada didalan laptop/notebook anda. Untuk mencegah over heat sangat di anjurkan laptop/notebook anda untuk menggunakan cooling pad , hal ini berpengaruh pada mejaga sirkulasi udara pada laptop/notebbok anda agar terjaga selalu.

3. kemudian Sebelum anda menyalakan laptop/notebook anda, selalu lihat kondisi batterey memiliki daya yang cukup dalam proses booting dan sampai menjalankan OS. Dan apabila  merasa ragu, cobalah untu memasang adaptor, kemudian nyalakan laptop/notebook Anda. Hal ini dikarenakan apabila daya batterey sewaktu dinyalakan memiliki kekurangan, Justru akan menyebabkan gagal dalam proses booting dan komponen hard disk bisa saja mengalami kerusakan permanen.

4. Lalu disaat anda memasang adaptor coba lihat stop kontak telah terpasang dengan keadaan benar kemudian jack DC dipasangkan ke laptop/notebook anda. karena apabila hal ini tidak diperhatikan, akan menyebabkan timbulnya percikan - percikan api pada stop kontak yang akan mengakibatkan proses charge batterey laptop/notebook anda tidak stabil. Dan beberapa kejadian telah membuktikan dikarenakan stop kontak yang dalam kondisi kendor telah mengakibatkan cepatnya kerusakan pada batterey laptop/notebook anda. ( Untuk diperhatikan harga battterey Notebook berkisar Rp. 750rb s/d 1,5 jt cukup mahal bukan ?)

5. Dan selalu ingat ini untuk jangan selalu menggunakan laptop/notebook anda dalam keadaan menggunakan adaptor namun tidak terpasang batterey, atau batterey dilepas. karena apabila terjadi mati listrik, akan mengakibatkan rusaknya komponen - komponen penting didalam laptop/notebook anda. (Ingat selalu perbandingan Harga Batterey dan harga Laptop/notebook anda)

6. Selalu memastikan keadaan laptop/notebook anda dalam keadaan pada/shutdown apabila akan dibawa - bawa. karena apabila dalam keadaan standby, dikhawatirkan laptop/notebook anda tiba-tiba menyala dengan sendirinya dikarenakan kadang - kadang muncul perintah - perintah resident yang terlupakan disaat laptop/notebook anda dalam keadaan standby. dan juga apabila diwaktu laptop/notebook anda dalam keadaan menyala namun berada didalam tas, maka akan mengakibatkan gangguan pada sirkulasi udara hal ini akan mengakibatkan laptop/notebook anda menjadi sangat panas dan bahkan chasingnyapun bisa saja meleleh. Dan goyangan disaat laptop/notebook anda dalam keadaan menyala, hal ini dapat mengakibatkan hard disk dan beberapa komponen didalamnya akan mengalami kerusakan.

7. Ingat selalu untuk tidak mendesak - desakan laptop/notebook anda dalam tas dengan benda - benda lainya, hal ini dapat mengakibatkan LCD panel atau chasing laptop/notebook anda rusak. (Perhatian harga LCD panel laptop/notebook tergolong mahal yang berkisar +/- 3 jt rupiah ). Dan pastikan bahwa tidak ada benda - benda diatas keyboar laptop/notebook anda, hal ini untuk terhindar dari goresan atau kerusakan yang diakibatkan ketika laptop/notebook anda dalam keadaan tertutup.

8. Cobalah untuk memasang screen protector pada layar laptop/notebook anda agar layar terjaga dari kekawatiran kerusakan oleh benda yang mudah menggores, menggukan keyboard protector supaya keyboard tidak mengalami kerusakan yang di akibatkan kemasukan debu atau air, dan selalu menggunakan cooling pad apabila laptop/notebook akan dipakai untuk waktu yang lama, Hal ini untuk menjaga sirkulasi laptop/notebook anda selalu dalam keadaan yang normal.

9. Ingat selalu untuk tidak menyimpan Handphone atau ponsel anda diatas layar, keyboar atau diatas laptop/notebook anda,hal ini dikarenakan handphone atau ponsel anda mengeluarkan radiasi yang besar sehingga dapat menciptakan kerusakan pada chips yang berada didalam laptop/notebook anda yang bersifat sangat sensitive terhadap radiasi elektromagnetik. (Hal ini pula dapat mengakibatkan mainboard mati total.)

10. rajin - rajinlah mengupdate antivirus pada laptop/notebook Anda , cobalah untul waspada pada situs-situs  di internet yang bersifat berbahaya, karena banyak virus,  spam, malware, spyware,   dll. Dan  Cobalah untuk selali terhindar dari tukar menukar data dengan  komputer lain agar selalu dicek terlebih dahulu supaya terhindar dari serangan penyebaran virus dari komputer lain yang bertukar data dengan laptop/notebook anda.


Demikian Tips dari saya tentang 10 hal yang penting untuk memelihara laptop/notebook anda
semoga bermanfaat.
Salam

Artikel Terkait

10 Hal Penting Untuk Memelihara Laptop atau Notebook Anda
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email