Cara Mudah Membuat Proyektor Dengan Gadget Atau Handphone Sendiri

Dalam postingan saya kali ini saya akan berbagi tutuorial Cara Mudah Membuat Proyektor Dengan Gadget Atau Handphone Sendiri. Anda dapat menikmati video atau mungkin film dari gadget/handphone anda dengan tampilan gambar yang besar, atau bahkan anda dapat menciptakan sebuah bioskop pribadi dengan mengunakan proyektor yang dapat anda buat sendiri, dan berikut ini adalah langkah-langkahnya :

1.

a. Segala jenis gadget yang memiliki vasilitas video seperti Android/iPhone/iPod/Handphone
b. Sebuah kardus sepatu bekas
c. Alat pemotong seperti Gunting dan atau Cutter
d. Lakban atau Solasi Hitam
e. LUP atau kaca pembesar
f. Alat tulis seperti Pulpen atau Spidol
g. Sebuah Box kecil atau disini saya gunakan Lego (untuk alat penyangga)
h. Alat Perekat/Lem bisa Lem tembak dan atau Super Glue
i. Penggaris


2.


Sekarang kita mulai praktek Cara Mudah Membuat Proyektor Dengan Gadget Atau Handphone Sendiri mula-mula anda harus benar benar pastikan menghindari sinar yang bisa saja bocor dari dalam kardus. Hal ini adalah karena ini sangat berpengaruh untuk kualitas proyektor yang akan anda buat. Cari dan tutuplah semua lubang yang ada pada kardus dengan menggunakan solasi/lakban hitam, pastikan dengan menutup lubang dengan solasi atau lakban dari luar dan dalam lubang.









3.



Kini cobalah mencari tengah-tengah kardus bekas, kemudian tandailah dengan menggunakan alat tulis spidol/pensil. Simpanlah LUP/kaca Pembesar nada ke dalam kardus yang telah anda tandai di tengah kemudian buatlah sebuah tanda dengan menggunakan alat tulis spidol/pensil . Setelah itu buatlah bulatan seperti bentuk LUP/kaca pembesar anda, lalu potonglah kardus yang telah anda tandai dengan alat pemotong gunting/cutter.
Kemudian, buatlah beberapa lubang pada bagian belakang kardus anda (hal ini digunakan untuk speaker dan charger gadget/handphone anda)  rapihkan bagian-bagian bekas membuat lubang tadi yang kasar karena pemotongan dan membuat lubang, tutuplah dan lapisi dengan solasi/lakban. Kemudian, pasang LUP/Kaca Pembesar anda pada lubang yang sudah anda buat tadi kemudian rekatkan dengan lem (Lemtembak/SuperGlue)
Apabila Lup/kaca pembesar yang anda pasang terdapat gagang peganganya, anda dapat gunakan solasi/lakban untuk di tempel pada kardus anda.


4.
Kemudian, Posisikan handphone/gadget anda sejajar dengan LUP/kaca pembesar dan tandai dengan menggunakan alat tulis spidol/pensil lalu buatlah garis yang lurus dengan menggunakan penggaris.
Hal ini karena anda akan tahu dimana posisi anda harus meletakkan handphone/gadget apabila akan menggunakan proyetor buatan anda ini.


5.

Posisi Gadget/Handphone anda didalam kardus haruslah pada posisi vertikal. Maka dari itu anda harus membuat sebuah pengganjal, dalam contoh tutorial ini saya menggunakan Lego.
,namun apabila tidak dapat menggunakan lego, anda dapat mengunakan alat lain yang fungsinya dapat  mengganjal Gadget/HandPhone anda agar berposisi dalam keadaan posisi yang vertikal


6.

Sekarang Untuk menggunakan projector buatan anda, simpan gadget/handphone anda di atas alat pengganjal yang berada di dalam kardus anda. Posisikan Sejajar dengan LUP/kaca pembesar agar cahaya dari layar gadget/Handphone anda dapat dipancarkan. Pastikan anda meletakan gadget/handphone anda didalam posisi terbalik, karena apabila tidak, hasil gambar dari proyektor anda akan terbalik. Padamkan lampu dan sumber cahaya yang dominan di dalam ruangan anda agar hasil gambarnya terlihat lebih jernih/lebih jelas. Setting posisi handphone/gadget anda agar hingga pada titik fokus yang menghasilkan gambar dari proyektor lebih baik.
Buatlah sebuah tanda untuk posisi handphone/gadget anda agar dapat digunakan lagi apabila sudah dilepas.



Semoga bermanfaat

Related Posts:

Disqus Comments
Please disable Adblock!
© 2017 KANKNKUNK - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger