Cara Mudah Menentukan Arah Mata Angin Tanpa Menggunakan Kompas


Apabila anda hendak bepergian ke suatu tempat namun tidak anda kenali, apalagi bila tersesat di hutan atau di pegunungan, sudah seharusnya anda melengkapi diri dengan membawa kompas sebagai penunjuk arah. Namun, ternayata kompas adalah alat yang sering terlupakan, tersesat dalam keadaan seperti itu akan membuat anda kebingungan. Karena Kompas adalah sebuah alat yang dapat menunjukan mata angin dan memberikan petunjuk bagi anda ketika Namun apa yang terjadi apabila anda lupa untuk membawa alat yang satu ini?

Berikut ini adalah cara mudah menentukan arah tanpa menggunakan kompas:

1. Jarum/Silet dan Air

 Siapkan air dalam wadah, bisa mangkok atau gelas, simpan jarum atau silet dengan posisi mengambang (HARUS MENGAMBANG) hasilnya adalah, ujung silet atau ujung jarum biasanya akan menunjukan arah mata angin selatan dan utara.

2. Pemakaman MUSLIM dan KRISTIANI
 Cara Mudah Menentukan Arah Mata Angin Tanpa Menggunakan Kompas
Pemakanan dapat menjadi satu solusi bila anda tersesat dan menemukan pemakanan, biasanya petunjuk yang dapat dari pemakaman MUSLIM dan KRISTIANI adalah, bagian nisan akan mengarah ke arah matangin barat (Hanya berlaku di wilayah Indonesia).

3. Tempat beribadah umat Muslim (Mesjid/Mushola)
 Cara Mudah Menentukan Arah Mata Angin Tanpa Menggunakan Kompas
Apabila tidak menemukan pemakanan Muslim dan Kritiani, dan menemukan tempat beribadah umat Muslim, ini pun dapat dijadikan sebagai patokan, biasanya mesjid akan menghadapt ke arah kiblat, dan ini akan menunjukan arah matangin barat(Hanya berlaku di Indonesia).

4. Jam dan Matahari
 
Jam dan matahari dapat dijadikan patokan juga, contohnya, apabila jam anda menunjukan waktu pukul 4 sore, itu berarti matahari ada di sebelah barat(Hanya berlaku pada jam yang tidak ngaco dan tidak berlaku pada malam hari).

5. Bayangan
Cara Mudah Menentukan Arah Mata Angin Tanpa Menggunakan Kompas
Apabila tidak membawa jam (anda sepertinya benar-benar dalam kondisi melarikan diri) tidak perlu kuatir, anda dapat menggunakan benda lain untuk di jadikan patokan, simpan benda yang bentuknya pipih seperti pulpen atau apabila tidak membawa pulpen juga anda bisa menggunakan tongkat, simpan di atas tanah dengan posisi berdiri, pada pagi hari apabila anda melaukan ini bayangan biasanya akan mengarah ke arah timur, dan apabila siang menjelang sore, bayangan akan menunjukan arah barat.
 
6. Pohon
Cara Mudah Menentukan Arah Mata Angin Tanpa Menggunakan Kompas
apabila anda tidak menemukan tongkat, pulpen, dan jam tangan (sebaiknya anda jangan kabur-kaburan) coba menggunakan pohon sebagai patokan, carilah pohon yang berukuran besar, dan pada bagian sisi pohon yang terkena sinar matahari tidak akan berlumut, itu menunjukan arah barat atau timur, dan apabila anda tersesat pada malam hari, cobalah meraba-raba bagian sisipohon, yang bagian nya terasa hangat, itu berarti menunjukan arah barat (jangan kencingi pohon sebelum melakukan tips ini).

7. Rasi Bintang.
Cara Mudah Menentukan Arah Mata Angin Tanpa Menggunakan Kompas
Baiklah sekarang apabila anda tersesat dilaut ! tidak ada pohon, pulpen dan jam tangan. Anda dapat menggunakan kompas alami dari tuhan lainya, yaitu bintang. Carilah rasi bintang orion, rasi bintang yang terdiri dari 3 bintang dengan cahaya terang dan membentuk seperti ekor kalajengking dan selalu menunjuk ke arah mata angin barat.


Note : Mungkin hal ini hanya dapat digunakan disaat-saat ekstrim, dikarenakan sudah banyak yang menggunakan fasilitas google map yang dapat di akses dari gadget yang mudah di bawa-bawa. Pesan penting dari saya, Jangan Sampai Tersesat.


Semoga bermanfaat

Related Posts:

Disqus Comments
Please disable Adblock!
© 2017 KANKNKUNK - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger