Sunday, June 30, 2013

Cara Mudah Menentukan Arah Mata Angin Tanpa Menggunakan Kompas


Apabila anda hendak bepergian ke suatu tempat namun tidak anda kenali, apalagi bila tersesat di hutan atau di pegunungan, sudah seharusnya anda melengkapi diri dengan membawa kompas sebagai penunjuk arah. Namun, ternayata kompas adalah alat yang sering terlupakan, tersesat dalam keadaan seperti itu akan membuat anda kebingungan. Karena Kompas adalah sebuah alat yang dapat menunjukan mata angin dan memberikan petunjuk bagi anda ketika Namun apa yang terjadi apabila anda lupa untuk membawa alat yang satu ini?

Berikut ini adalah cara mudah menentukan arah tanpa menggunakan kompas:

1. Jarum/Silet dan Air

 Siapkan air dalam wadah, bisa mangkok atau gelas, simpan jarum atau silet dengan posisi mengambang (HARUS MENGAMBANG) hasilnya adalah, ujung silet atau ujung jarum biasanya akan menunjukan arah mata angin selatan dan utara.

2. Pemakaman MUSLIM dan KRISTIANI
 Cara Mudah Menentukan Arah Mata Angin Tanpa Menggunakan Kompas
Pemakanan dapat menjadi satu solusi bila anda tersesat dan menemukan pemakanan, biasanya petunjuk yang dapat dari pemakaman MUSLIM dan KRISTIANI adalah, bagian nisan akan mengarah ke arah matangin barat (Hanya berlaku di wilayah Indonesia).

3. Tempat beribadah umat Muslim (Mesjid/Mushola)
 Cara Mudah Menentukan Arah Mata Angin Tanpa Menggunakan Kompas
Apabila tidak menemukan pemakanan Muslim dan Kritiani, dan menemukan tempat beribadah umat Muslim, ini pun dapat dijadikan sebagai patokan, biasanya mesjid akan menghadapt ke arah kiblat, dan ini akan menunjukan arah matangin barat(Hanya berlaku di Indonesia).

4. Jam dan Matahari
 
Jam dan matahari dapat dijadikan patokan juga, contohnya, apabila jam anda menunjukan waktu pukul 4 sore, itu berarti matahari ada di sebelah barat(Hanya berlaku pada jam yang tidak ngaco dan tidak berlaku pada malam hari).

5. Bayangan
Cara Mudah Menentukan Arah Mata Angin Tanpa Menggunakan Kompas
Apabila tidak membawa jam (anda sepertinya benar-benar dalam kondisi melarikan diri) tidak perlu kuatir, anda dapat menggunakan benda lain untuk di jadikan patokan, simpan benda yang bentuknya pipih seperti pulpen atau apabila tidak membawa pulpen juga anda bisa menggunakan tongkat, simpan di atas tanah dengan posisi berdiri, pada pagi hari apabila anda melaukan ini bayangan biasanya akan mengarah ke arah timur, dan apabila siang menjelang sore, bayangan akan menunjukan arah barat.
 
6. Pohon
Cara Mudah Menentukan Arah Mata Angin Tanpa Menggunakan Kompas
apabila anda tidak menemukan tongkat, pulpen, dan jam tangan (sebaiknya anda jangan kabur-kaburan) coba menggunakan pohon sebagai patokan, carilah pohon yang berukuran besar, dan pada bagian sisi pohon yang terkena sinar matahari tidak akan berlumut, itu menunjukan arah barat atau timur, dan apabila anda tersesat pada malam hari, cobalah meraba-raba bagian sisipohon, yang bagian nya terasa hangat, itu berarti menunjukan arah barat (jangan kencingi pohon sebelum melakukan tips ini).

7. Rasi Bintang.
Cara Mudah Menentukan Arah Mata Angin Tanpa Menggunakan Kompas
Baiklah sekarang apabila anda tersesat dilaut ! tidak ada pohon, pulpen dan jam tangan. Anda dapat menggunakan kompas alami dari tuhan lainya, yaitu bintang. Carilah rasi bintang orion, rasi bintang yang terdiri dari 3 bintang dengan cahaya terang dan membentuk seperti ekor kalajengking dan selalu menunjuk ke arah mata angin barat.


Note : Mungkin hal ini hanya dapat digunakan disaat-saat ekstrim, dikarenakan sudah banyak yang menggunakan fasilitas google map yang dapat di akses dari gadget yang mudah di bawa-bawa. Pesan penting dari saya, Jangan Sampai Tersesat.


Semoga bermanfaat

Artikel Terkait

Cara Mudah Menentukan Arah Mata Angin Tanpa Menggunakan Kompas
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

4 komentar

February 2, 2014 at 4:05 AM delete

Thanks bro tipsnya,,,
http://arena303.com
http://galaxy88.com
http://www.galaxy-88.com/

Reply
avatar
October 30, 2016 at 8:31 AM delete

Haii ..
Numpang Promo Yahhh ..

Begini teman - teman, bagi kalian yang Hobi bermain judi Online, kami dari MetroQQ sedang membagikan Bonus - Bonus untuk anda yang bermain di Website MetroQQ.

Ada bonus yang di bagikan setiap hari sebesar 10 % & dibagikan lagi 10% setiap hari Senin jam 12 siang yaitu Bonus Referral.

Dan ada juga bonus yang di dapat dari jumlah total kemenangan / kekalahan anda sebesar 0,3 % - 0,5 % yaitu Bonus CashBack.

Dalam 1 user ID anda dapat bermain beberapa permain seperti :
1. Poker
2. Domino99
3. BandarQ
4. Bandar Poker

Untuk info lebih lanjut anda dapat mengunjungi Livechat kami di MetroQQ.com

Reply
avatar
April 2, 2017 at 10:20 AM delete

DaduDomino.com

Situs BandarQ 7 Game 1 ID (New Games BandarSakong)
Minimal Dp 20rb
Minimal Wd 50rb

Bonus Turnover dibagikan Setiap Hari dan Bonus Refferal Terbesar

DaduPoker juga menyediakan 2 permainan Menarik :
- Fish Hunter (Tembak Ikan) Klik >> www.gg626.com
- Sabung Ayam (Cock Fight) Klik >> www.s1288.net

Menang Hanya di DaduPoker

Info Lebih Lanjut goo.gl/PpRXxc

BBM : 2BE2B4B7

Reply
avatar