Cara Terbaik Menanggulangi Perdebatan Dan Menang

Debat dan Menang



Perdebatan adalah fenomena yang sering terjadi ketika setiap orang dan lawan bicaranya memiliki singgungan baik karena silang pendapat, pemikiran atau hal - hal umum lain yang dapat melahirkan perdebatan, berikut ini adalah beberapa poin yang dapat anda lakukan ketika menghadapi sebuah perdebatan dan menang.



  • Berfikir cenderung untuk menghindar atau bahkan terus menentang semua argumen lawan debat anda bukanlah solusi yang baik, jangan biarkan masalah yang memiliki potensi konfil di biarkan terus tumbuh dalam hal ini dalam perdebatkan, karena akan melahirkan debat yang tidak sehat dan harus secepat mungkin ditemukan jalan keluarnya, cobalah untuk memberi argumen awal bahwa semua masalah dapat diselesaikan. Hal tersebut dapat membantu semua pihak untuk berfikir bagaimana memberikan masukan atau kritik yang membangun dalam perdebatan, dan bukan mengusung konflik yang tumbuh dari sifat egois masing - masing.

  • Mempermasalahkan kesalahan yang terjadi dalam perdebatan adalah cara curang untuk menenggelamkan yang lemah, hal ini dapat berujung debat yang tidak sehat, karena bisa saja pihak yang merasa dirugikan karena di singgung terus mengenai kesalahnya akan mencari argumen atau bahkan menunggu kesalahan dari pihak lain untuk di permasalahkan dan mudah sekali menjadi potensi saling mencari salah dan bukan mencari jalan keluar. Kondisi ini akan memperburuk perdebatan, cobalah untuk mengajak semua pihak yang terlibat untuk dapat saling melupakan dan memaafkan demi kelangsungan debat untuk tujuan yang akhirnya bisa diterima bersama.

  • Salah satu hal terpenting dari perdebatan adalah nada suara, ini akan sangat mempengaruhi lawan bicara dalam perdebatan, untuk mengatur nada bicara sudah pasti kita harus mengatur pula tempo emosi, apabila terdapat beberapa hal yang diluar keyakinan kita, kita coba kemukaan dan terjemahkan dengan nada suara yang bisa dan layak untuk diterima oleh lawan biacara.

  • Dalam sebuah perdebatan, apabila ingin menang sebaiknya kita tetap pada jalur yang objektif, sikap ini sangat menguntungkan kita untuk terhindar sejauh mungkin dari hal  hal yang ditelaah kelemahan oleh pihak lawan bicara kita, ketika kita melenceng dari tema perdebatan, maka akan mudah sekali argumen - agumen lawan menerobos dan merobohkan pemikirian kita, dan bahkan yang belum tersampaikan. Jadilah pemimpin dalam perdebatan maka dari itu tetaplag bersikap objektif dan tidak berputar -putar dalam mengutarakan argumen kita.

  • Cobalah untuk selalu menacari penetral ketika kondisi perdebatan semakin memanas dan menuju perdebatan yang tidak sehat, hal ini akan mempengaruhi perdebatan yang tengah berjalan, karena dalam perdebatan tensi ego dan emosi sseorang tidak akan teratur. Kalimat 'MAAF' akan menjadi penetral dalam setiap adu argumen yang bukan bertujuan untuk mengalah, namun sedikit mendinginkan suasana yang gerah karena silang pemikiran.

  • Semua hal diatas adalah cara terbaik untuk berdebat secara bijak, sehat dan menang. Apabila anda menemukan silang pemikiran dan ingin meluruskan sebuah permasalahan hal terbaik yang seharusnya anda lakukan adalah selesaikan masalah itu sesegera mungkin tanpa menunda nunda dan membuang buang waktu berfikir keras bagaimana memenangkan perdebatan yang akan berlangsung nanti ketika beradu agumen yang sudah dipastikan terjadi. Hindarilah memberi pesan atau surat menyurat, karena hal tersebut tidak akan mewakili semua gambaran  pemikiran yang akan anda berikan, dan jangan pernah berdebat lewat telepon, hal ini tentu akan menjadi interaksi yang tidak pasti, ketika anda atau lawan bicara anda tidak tahu kondisi satu sama lain, dan nada biara akan menjadi alasan utama konflik yang akan memperkeruh perdebatan.

Cobalah untuk menjadi bijak bukan untuk anda sendiri, ajaklah lawan bicara anda untuk kembali memikirkan sejenak apa yang sudah tadi anda dan dia atau mereka biacarakan bersama dalam perdebatan yang sudah berlangsung, kemudian cari kesepakatan dan bangunlah komitmen demi menjaga hubungan baik dengan lawan bicara anda dikemudian hari.


Semoga bermanfaat

Related Posts:

Disqus Comments
Please disable Adblock!
© 2017 KANKNKUNK - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger