Tuesday, June 4, 2013

Sejarah Lahirnya Bakso

Bakso
Baso
Di zaman akhir era Dinasti Ming (pada awal abad ke 17) Fuzhou, seorang laki - laki bernama Meng Bo, hidup didesa kecil. Dia meliliki pribadi yang baik dan dikenal sangat berbakti kepada orang tuan. Para tetangganya banyak yang bercerita mengenai baktinya Meng Bo kepada Ibunya. Pada suatu hari, ibunya yang semakin menua tidak dapat lagi untuk makan daging, disebabkan oleh giginya yang semakin hari semkain sulit digunakan untuk mengunyah benda benda yang agak keras, Padahal Meng Bo ingin sekali menyenangkan hati ibunya dengan memberinya makanan kesukaanya, yaitu daging.

Meng Bo ingin mencari cara agar ibunya kembali dapat mengonsumsi daging lezat lagi. Semalaman Meng Bo berfikir, bagaiman cara untuk mengolah daging agar dapat dimakan ibunya. Dan sampai pada suatu hari, Meng Bo melihat salah seorang tetangganya yang sedang menumbuk beras ketan  bahan yang akan digunakan untuk membuat kue mochi. Lalu muncul ide yang Meng Bo cari selama ini. Meng Bo bergegas kedapur lalu mengolah daging dengan metode sam seperti tetangganya  ketika membuat kue mochi tadi. Kemudian setelah daging dirasa sudah empuk, ia membentuknya menjadi bulatan kecil dan berjumlah banyak agar ibunya bisa memakannya dengan cara yang lebih mudah. Lalu Meng bo merebus bulatan itu, dan tercium aroma daging yang sangat lezat.

Kemudian setelah sudah matang Meng Bo menyajikan bulatan itu untuk ibunya. Ibu senang karena bukan hanya bulatan dagingnya saja yang lezat, tetapi juga mudah sekali untuk dimakan oleh ibunya. Meng Bo sangat merasa gembira melihat ibunya dapat makan daging lezat lagi.

Cerita Meng Bo pada ibunya beserta resep baksonya ini akhirnya tersiar dan terkenal, menyebar ke seluruh kota Fuzhou. Dan akhirnya banyak orang berdatangan untuk belajar membuat adonan dagin bulat lezat pada Meng Bo, yang kita kenal sekarang ini dengan nama Bakso.


Cerita ini diambil dari The Epoch Time Edisi 175

hehe berbakti sama orang tua, sedangkan dulu saya suka nangis - nangis maksa minta dibeliin bakso  hahaha.. ironis sekali..

Artikel Terkait

Sejarah Lahirnya Bakso
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email