Monday, July 1, 2013

Cara Mudah Dan Bijak Menghemat Hard Disk Komputer

Seiring semakin bertambahnya data dan aplikasi pada hard disk anda, lama-lama kapasitas kosong didalam hard disk anda akan terus berkurang di setiap saat anda menyimpan data. Dan apabila kapasitas ruang kosong itu semakin menyempit, maka hal ini akan berpengaruh pada kenyamanan ketika menggunakan komputer dan juga akan dihadapkan kepada beberapa pilihan:


Cara Mudah Dan Bijak Menghemat Hard Disk Komputer
  • Membeli lagi atau bahkan mengganti hard disk dengan kapasitas yang lebih besar dari sebelumnya.
  • Memindahkan atau mem back-up data pada flashdisk, cd atau menyimpanya di online storage.
  • Atau bahkan harus menghapus/menghilangkan data sebelumnya.

Akan tetapi disamping langkah-langkah diatas, ada terdapat langkah lain yang juga dapat dilakukan untuk menghemat kapasitas hard disk anda, yaitu :

1. Memakai fasilitas kompresi yang kini sudah menjadi salah satu fasilitas standar untuk sebuah komputer. Dengan ini ukuran file anda dapat dikecilkan dan dirapihkan dan tentu akan menghemat hard disk anda. Sekarang fasilitas ini sudah bisa anda dapatkan dengan mudah melalui internet atau CD software.

2. Menghilangkan/menghapus secara permanent semua file yang oernah di dellete pada recycle bin. Beberapa pengguna Komputer tidak menyadari bahwa data-data yang sudah dihapus dan masuk ke dalam recycle bin, karena recycle bin pun mengunakan fasilitas ruang pada hard disk. Maka apabila data yang sudah di hapus dan tidak akan di gunakan lagi, lebih baik di buang, karena hal ini dapat juga menghemat hard disk.

3. Menggunakan fasilitas Scandisk hal ini disebabkan seringnya komputer anda membuat file-file yang baru, salah satu contohnya adalah file yang dibuat ketika mengcover pada saat komputer mengalami hang, crash, atau hanya sekedar memback-up ketika anda membuka data contohnya dengan extensi*.tmp.  File-file yang sudah tidak lagi diperlukan ini lebih baik dihilangkan/dihapus.

4. Dan ingat untuk selalu melakukan defragment secara teratur, dalam waktu satu bulan atau dua bulan sekali, hal ini penting agar file-file dalam komputer anda selalu tertata secara rapih .

Hal Ini memang bukan untuk menambah ruang kapasitas kosong pada hard disk anda, Akan tetapi selain efisien dengan cara ini akan lebih mempercepat akses data pada komputer anda ketika anda menggunakannya.


Semoga Bermanfaat

Artikel Terkait

Cara Mudah Dan Bijak Menghemat Hard Disk Komputer
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

1 komentar:

July 1, 2013 at 4:11 PM delete

Menghapus file yang ada di resikel bin biasanya langsung dapet space tambahan,, :D

Reply
avatar