Cara Mudah Mengatasi Rasa Malu Dalam Diri

Cara Mudah Mengatasi Rasa Malu Dalam Diri
Malu kerap kali menjadi salah satu kekurangan manusia

Menjadi sebuah kekurangan yang kerap kali dirasakan dan sangat nyata di dalam kehidupan seseorang di keseharianya, kadang-kadang hal ini pun menjadi salah satu faktor pemicu kegagalan yang berdampak buruk bagi kehidupan. Malu akan selalu menghantui, ini akan menjadi sebuah penyakit apabila dibiarkan tumbuh dan dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari, terbukti bahwa beberapa hal yang sudah di rencanakan atau secara spontan di atur oleh otak malah menjadi berantakan ketika seseorang dengan sengaja membiarkan dirinya terjebak dalam keadaan malu. Meski dapat dibilang bahwa rasa malu ini adalah kodrat manusia dan dapat saja timbul dari beberapa peristiwa emosional, namun untuk kelangsungan kehidupan seseorang seharusnya ini dapat di atur kembali dan di minimalisir, atau dengan kata lain Ini harus sesegera mungkin di atasi secara baik oleh seseorang, karena ketika mental kita justru terlalu peka terhadap mengahadi hal-hal tertentu tanpa managemen diri yang baik, justru rasa malu ini tidak dihiraukan dan berdampak pada penilaian orang lain terhadap kita dengan sebutan Tidak tahu malu, dan sama saja dampaknya dengan hal ini jauh ketika kita tersadar, penilaian tidak tamu malu itu akan berujung pada tumbuhnya rasa malu pada diri seseorang.

Dalam postingan saya kali ini saya akan berbagi sebuah tips bermanfaat untuk mengatasi rasa malu, yang saya tulis kembali hasil dari riset pribadi dari beberapa contoh nyata yang saya dan orang-orang sekitar saya rasakan.

Biasanya seorang pemalu selalu hidup dalam bayangan kelam rasa takut yang belum jelas, takut gagal, takut salah, takut mengecewakan, dan beberapa rasa takut lainya yang menjadi asalan kuat seorang pemalu dalam mengambil sikap.


Berikut ini ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari untuk mengatasi rasa malu.

Mengatasi Rasa Malu




1. Jangan pernah ragu untuk belajar dari rasa malu dalam diri anda.
Cobalah untuk menerima diri anda apa adanya, dan anggap setiap kesalahanyang pernah terjadi itu wajar, dengan mengusahakan diri untuk tidak kembali mengulangnya. karena semakin banyak perubahan yang anda lakukan akan banyak potensi keberhasilan yang akan anada temui.

2. Jangan pernah takut menerima pendapat dari orang sekitar anda.
Luangkan waktu anda, beranikan diri untuk mencari alasan dan pendapat orang lain tentang hal yang anda rasa sulit, dengan ini secara tidak langsung anda telah mengadakan riset untuk diri anda sendiri, dan jangan ragu untuk berubah ketika ternyata penilaian orang tidak sesuai dengan anda dengan memikirkan dan menelaah pendapat orang terlebih dahulu.

3. Utarakan tentang rasa malu yang anda rasakan pada keluarga anda.
Hal ini akan menjadi lebih baik dibandingkan dengan berkonsultasi dengan teman atau pacar, karena dengan orang-orang yang jauh lebih mengenal anda, akan cenderung lebih mudah menerima masukan dibandingkan ketika jawaban atau keritian datang dari orang lain, yang justru akan berdampak buruk pada mental anda sendiri.

4. Berolahraga bersama teman.
Hal ini dapat membantu anda dalam meningkatkan kualitas kehidupan sosial anda dalam diri anda, dengan hal yang anda sukai dan memiliki nilai positif untuk kesehatan jasmani diri anda.

5. Berlatihlah seperti layaknya seorang pemain teater ketika diatas panggung
Hal seperti ini adalah sebuah cara untuk melatih diri agar mengenal setiap rasa yang akan anda rasakan dan melatih diri untuk menemukan langkah apa selanjutnya yang akan anda ambil ketika menghadapi segala hal. Meski hanya berpura-pura terbukti cara yang satu ini dapat menutupi atau bahkan menghilangkan rasa malu dalam diri anda, kebohongan dari karakter yang dibuat-buat ini hanya sebagai pengenalan saja, dengan sendiri nya kejujuranlah yang akan lahir dan nyaman dalam diri anda ketika anda benar-benar menguasainya, dengan begitu lama-lama rasa percaya diri akan tumbuh dan memberikan nilai positif bagi kehidupan anda.

6. Berlatihlah Untuk bisa mengatakan TIDAK !.
Sebuah perubahan tidak terjadi ketika kehidupan kita dibiarkan berjalan begitu saja, perubahan diluar diri kita akan terus terjadi, segala sesuatu tidak akan selalu sama, begitu pula diri kita yang sebaiknya untuk tida terlalu terbawa suasana dan membiarkan diri dengan begitu saja mengikuti perubahan yang anda namun diri kita akan tetap sama dengan tidak berubah sama sekali. Malu itu akan hilang ketika kita berani untuk berubah menjadi orang yang percaya diri. Cobalah sedikit berontak pada keadaan yang membuat anda tidak nyaman, rasa malu adalah perasaan yang tidak nyaman, belajarlah menolak malu.

7. Berlatihlah untuk tenang dengan bernafas yang teratur.
Keadaan keadaan yang menyita mental anda sering kali menjadikan alur nafas anda tidak karuan, seperti saat ditanya oleh atasan, menghadapu wawancara kerja, menghadapi klien, atau melamar kekasih. Dengan bernafas yang teratur rasa tenang akan hidup dan otak dapat dengan rapih mengatur rasa stres dalam diri anda ketika menghadapi hal-hal diatas.

8. Berlatihlah untuk selalu berfikir positif.
Berfikir adalah tindakan awal ketika kita akan menghadapi sesuatu, dan bahkan hal-hal yang spontan terjadi pun pada akhirnya akan menjadi sebuah pemikiran setelah hal itu terlewati. Selalu lah berfikir positif, dengan begitu otak kita akan sehat dan terbebas dari segala kekuatiran yang berdampak jelek untuk pemikiran dan tindakan kita selanjutnya.


Berhentilah untuk malu dan ambilah sebuah tindakan yang seharusnya anda lakukan, jangan biarkan rasa malu jadi penghambat jalan anda menuju sebuah keberhasilan.


Semoga bermanfaat

Related Posts:

Disqus Comments
Please disable Adblock!
© 2017 KANKNKUNK - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger