Cara Mudah Untuk Menghitung Zakat Mal

Cara Mudah Untuk Menghitung Zakat Mal


Bagi anda yang muslim ayo mari menghitung zakat mal (harta )
Zakat mal (harta) ialah zakat yang Anda tunaikan apabila telah sampai pada batasannya atau nishab. Zakat mal berbeda dengan zakat penghasilan yang diwajibkan untuk Anda pada setiap mendapatkan gaji/pemasukan.






supaya tidak terjadinya kebingungan, ini adalah perbedaannya:

•  Zakat pemasukan/penghasilan/gajih ditunaikan pada waktunya. Seperti contohnya pada setiap satu bulan sekali, nilainya 2.5% dari total pemasukan/penghasilan/gajih. Nishabnya adalah apabila rata-rata pendapatan anda mencapai nilai Rp3juta pada setiap bulannya.

•  Zakat mal/harta ditunaikan apabila aset lancar Anda (saham, reksadana, deposito, emas, tabungan, ORI atau Sukuk yang termasuk dalam hitungan tunai asuransi) dan juga berupa aset tetap yang tidak digunakan (contohnya: rumah yang tidak ditinggali dan tidak dipakai untuk bisnis atau kerjaan apapun) yang nilai totalnya sampai 85 gram emas ( pada  harga disaat itu). Kemudian syarat yang kedua adalah aset tersebut sudah pernah melewati 1 tahun Hijriyah. Besar nilai yang harus di tunaikan adalah 2.5%.

apabila masih ada kebingungan mengenai hal ini? berikut ini saya akan meberikan salah satu contohnya.

Umpanya Anda memiliki total penghasilan senilai Rp3 juta /bulan. Maka zakat pemasukan/penghasilan/gajih yang harus di tunaikan pada setiap bulannya senilai 2.5% x Rp3 juta = Rp75 ribu

Disaat bulan Ramadhan 1431 Hijriah Anda menghitung aset adalah sebagai berikut:
Tabungan : Rp8 juta
Deposito : Rp8 juta
Totalnya adalah : Rp16 juta
dan disaat itu emas 85 gram sama dengan Rp30 juta.

dan dikarenakan nishab zakatnya adalah harta yang usianya telah genap setahun, maka zakat pada 1431H bisa dibayarkan saat Ramadhan 1432Hijriah. Tetapi, karena nishabnya belum terpenuhi (asetnya bernilai masih dibawah setara 85 gram emas) maka tidak wajib zakat mal.

Kemudian pada bulan Ramadhan tahun berikutnya, hitunglah kembali aset apabila ternyata hasilnya seperti dibawah ini:
Tabungan = Rp20 juta
Deposito = Rp30 juta
Total = Rp50 juta
Emas 85 gram pada saat itu setara dengan Rp45 juta.

Disini, wajib hukumnya untuk membayar zakat mal.
menganapa? Hal ini disebabakan oleh aset yang dimiliki nilainya telah melebihi dari nilai 85 gram emas. disini nilai yang harus dibayar adalah sebesar (2.5% x Rp50 juta = Rp1,25 juta).
dan Uang zakat ini bisa dibayarkan pada Ramadhan 1433H.

Semoga bermanfaat dan selamat menunaikan ibadah puasa

Related Posts:

Disqus Comments
Please disable Adblock!
© 2017 KANKNKUNK - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger