Tuesday, July 30, 2013

Panas dalam Inti Bumi sama Dengan Panas Matahari

Panas dalam Inti Bumi sama Dengan Panas Matahari

Suhu pada inti bumi adalah sebagai sebuah mesin pembentuk medan magnet pada planet bumi dan suhu ini sama panasnya dengan suhu panas matahari, diperkiraan suhu panasnya hingga mencapai 6000 derajat celcius, pada awalnya suhu inti bumi diperkirakan hanya bersuhu pada 4300 derajat celcius. Tim peneliti dari organisasi nasional perancis pusat iptek perancis dan pusat radiasi sinkroton eropa.
Para peneliti mengukur titik leleh pada material besi berpresisi tinggi di laboratorium. Dan ternyata dalam pusat planet bumi terdapat ini dalam yang berbentuk padat dan inti luar. Dan suhu diantara keduanya adalah 6000 derajat celcius.
Diluar inti bumi terdapat lapisan mantel planet bumi. Dan untuk menghasilkan sebuah medan magnet harus terdapat perbedaan suhu pada 1500 derajat celcius pada lapisan inti dalam dan mantel bumi sebagai syarat (pergerakan panas) yang seiring putaran rotasi bumi akan menghasilkan sebuah medan magnet.
Temuan para tim peneliti ini di muat pada Jurnal Science pada tanggal 26 hari jumat.
Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan sinar X yang dapat membaca perbedaan panas lebih presisi. Dan pada kenyataan nya sudah lebih dari 2 dekade para peneliti telah gagal dalam memecahkan masalah ini.


Semoga bermanfaat

Artikel Terkait

Panas dalam Inti Bumi sama Dengan Panas Matahari
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email