Satelit Kedua Planet Neptunus Telah Ditemukan

Nereid satelit kedua planet Neptunus
Nereid satelit kedua planet Neptunus

Di tanggal 1 mei 1949, Seorang astronom AS yang lahir di negara belanda, Gerard kuiper, telah menemukan Nereid, Satelit kedua dari planet neptunus.
Nereid merupakan satelit terluar dan satelit ketiga terbesar dari planet neptunus yang pernah diketahui selama ini. Dan orbit rata - ratanya berkisar pada 5.513.400 Km dan memiliki  sebuah garis tengah seluas 340 Km.

Orbit Nereid mempunyai eksentrisitas atau tingkat melenceng paling besar dari semua planet atau satelit yang terdapat dalam tatasurya. Ukuran jaraknya terhadap planet Neptunus sangat bervariasi, antara pada 1.353.600 Km dan bahkan yang jarak terdekatnya adalah 9.623.700 Km yang terjauh. Keganjilan ini melahirkan persepsi bahwa Nereid adalah asteroid atau sebuah objek sabuk kuiper yang kemudian terjebak dan hingga menjadi sebuah satelit bagi planet neptunus.

Nama satelit neptunus ini diambil dari mitologi yunani, yaitu mahluk halus yang berjumlah 50 yang mendiami laut yang mereka semua adalah anak dari Nereus dan Doris. Selain Nereid Kuiper menemukan satelit planet Uranus yang bernama Miranda, dan dia juga menemkan atmosfer diplanet Saturnus yang diberinama Titan, dan juga dia kini tengah mempelajari bulan.


Semoga bermanfaat

Related Posts:

Disqus Comments
Please disable Adblock!
© 2017 KANKNKUNK - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger